Tradisi menghias telur saat peringatan Maulid
Nabi besar Muhammad SAW menjadi hal yang wajib dilakukan setidaknya di Kota
Bontang. Bahkan sebagian masyarakat muslim berpendapat bahwa tak lengkap
rasanya jika perayaan maulid tanpa telur hias bahkan lomba menghias telurpun
kerap digelar agar perayaan makin semarak.
Pada kegiatan yang merupakan ritual keagamaan dan kebudayaan ini biasanya
telur ditusuk dengan batang bambu dan dihias dengan kertas atau pernak-pernik
lainnya.
Lantas apa makna telur maulid?
Di setiap daerah mungkin memiliki tradisi telur Maulid yang berbeda, pertanyaannya apakah telur Maulid sama seperti telur paskah dimana makna telur paskah merupakan simbol musim semi. Di masa silam, di Persia orang biasa saling menghadiahkan telur pada saat perayaan musim semi, yang bagi mereka juga menandakan dimulainya tahun yang baru. Dan ternyata tidak, maknanya justru berbeda karena Telur Maulid adalah telur terdiri atas tiga bagian; kulit, putih telur, dan kuning telur. Kulit telur itu berarti iman, putih telur artinya islam, dan kuning telur artinya ikhsan.
Selain itu, telur dimaknai sebagai anak-anak ayam (bebek/telor). Tusuk bambu melambangkan adanya kelurusan, kekuatan, keteguhan layaknya pohon bambu yang tumbuh menjulang tinggi. Demikianlah Maulid diharapkan memberikan makna kepada umat Islam untuk selalu teguh, lurus dan menjulang tinggi meneladani Sang Nabi Muhammad manusia mulia dan luhur.
Dulu sebagian masyarakat hanya menggunakan telur bebek. Ini dimaksudkan umat Islam mengikuti dan meneladani Sang Nabi layaknya bebek, berbaris rapi, mengikuti panduan sang pemimpin. Rasa syukur menyambut kelahiran Sang Nabi teladan umat Islam diungkapkan dengan rasa gembira, rasa sumringah melalui simbol-simbol aneka warna kertas dan hiasan telurnya
.
barzanji
Kebudayaan
Melayu yang bersinggungan dengan Islam menghasilkan akulturasi budaya yang unik
di antara keduanya. Beberapa tradisi yang dilakukan di tanah Arab, wilayah asal
agama ini, tidak jarang juga merupakan bagian dari tradisi masyarakat Melayu.
Salah satu di antaranya adalah pembacaan kitab karya Ja’far Al-Barzanj, yang
kemudian biasa disebut barzanji (sebagian orang menyebut “berzanji” atau
“berjanji”).
Kata
“barzanji” dalam kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai isi bacaan
puji-pujian yang berisi riwayat Nabi Muhammad SAW. Jika mendengar kata
“barzanji”, orang akan beranggapan bahwa awalan “ber” merupakan imbuhan.
Padahal, kata “barzanji” berasal dari kata Al-Barzanj, nama belakang penulis
prosa dan puisi terkenal yang mempunyai nama lengkap Ja’far Al-Barzanj.
Syekh Ja’far
Al-Barzanj bin Husin bin Abdul Karim lahir di Madinah tahun 1690 dan wafat
tahun 1766. Al-Barzanj berasal dari sebuah daerah di Kurdistan, Barzinj. Nama
asli kitab karangan yang kemudian lebih dikenal dengan nama Al-barzanji adalah
‘Iqd al-Jawahir yang berarti “kalung permata”. Kitab tersebut disusun untuk
meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab Al-Barzanji berisi
tentang kehidupan Nabi Muhammad dari masa kanak-kanak hingga diangkat menjadi
Rasul, silsilah keturunannya, sifat mulia yang dimilikinya, dan berbagai
peristiwa yang dapat menjadi teladan umat Islam.
Kitab
karangan Ja’far Al-Barzanj dikenal mulai dari Maroko di belahan bumi sebelah
barat hingga Papua di belahan bumi sebelah timur. Sebagai karya yang menceritakan
tokoh terbesar dalam Islam, yakni Nabi Muhammad, boleh dikatakan pertunjukan
pembacaan karya Ja’far Al-Barzanj ini tidak boleh dipandang sebagai pertunjukan
biasa. Bahkan, pembacaan kitab Al-barzanji merupakan tradisi yang acap kali
bahkan pasti dilakukan di bulan kelahiran Nabi Muhammad, yaitu Bulan Maulud
menurut penanggalan Hijriah.
Sebagai
pertunjukan yang didasarkan pada riwayat kehidupan Nabi, tentunya pertunjukan
barzanji banyak mengandung nilai-nilai keagamaan. Pada mulanya, kitab karya Ja’far
Al-Barzanj khusus dikarang dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad.
Peringatan itu sendiri, waktu kitab tersebut ditulis, belum menjadi tradisi
Islam. Baru pada tahun 1207 M, Muzaffar ad-Din di Mosul, Irak, merayakannya dan
tradisi ini kemudian menyebar ke berbagai daerah termasuk hingga ke Riau.
Tradisi
barzanji telah dilakukan sejak Islam masuk ke Indonesia. Tidak dapat
dipungkiri, masuknya Islam memberi pengaruh besar pada kebudayaan Melayu. Pola
perpaduan ini bukan hanya terlihat pada tradisi barzanji, namun juga tradisi
Melayu yang lain, semisal tabot, burdah, ghazal, dan lain sebagainya. Tentu
saja perpaduan antara budaya Islam dan Melayu berbeda-beda tergantung pada
kultur awal masyarakat setempat.
Tradisi
barzanji di Riau rutin dilakukan pada peringatan Maulid Nabi Muhammad. Namun,
tidak sebatas peringatan itu saja, tradisi barzanji juga digelar pada hari-hari
besar Islam yang lain seperti Idul Fitri, Idul Adha, tahun baru Hijriah, dan
lain sebagainya. Barzanji juga diselenggarakan dalam kegiatan kemasyarakatan,
misalnya pada saat upacara pernikahan, memperingati kelahiran anak, dan
sebagainya.
Tradisi
barzanji memadukan berbagai kesenian, antara lain seni musik, seni tarik suara,
dan keindahan syair kitab Al-Barzanji itu sendiri. Syair-syair dalam kitab
Al-Barzanji tersebut dilantunkan dengan lagu-lagu tertentu, dan kadang diiringi
alat musik rebana. Setelah pembacaan hikayat Nabi dari kitab karya Ja’far
Al-Barzanj dan shalawat kepada beliau, akan dilanjutkan pembacaan syair Sinar
Gemala Mestika Alam karya Raja Ali Haji.
Selikuran
Tradisi malam selikuran adalah tradisi budaya
sekaligus religius yang penuh makna. Tentunya hal ini sangat istimewa, karena
anda dapat menyaksikan bagaimana antara budaya dan religi saling bersatu dan
menguatkan. Bagi anda penyuka kajian agama dan budaya, tentu tidak akan mau
ketinggalan peristiwa ini .
Dalam menyemarakkan sepuluh hari terakhir di bulan
Ramadan, masyarakat berlomba-lomba mendapatkan malam kemuliaan (malam Lailatul
Qadar), yang dalam al Qur'an disebutkan sebagai malam seribu bulan. Diantara
cara untuk mengharap berkah dari turunnya Lailatul Qadar tersebut, masyarakat
Jawa biasanya mengadakan sebuah kegiatan dengan mekukan malam
"Likuran" (tradisi Selikuran). Merupakan salah satu tradisi luhur
yang diwariskan dan tetap lestari hingga kini, seperti di Keraton Surakarta,
Yogyakarta, Surakarta, dan masyarakat pedesaan Jawa lainnya.
Tradisi Selikuran berasal dari bahasa Jawa yakni
Selikur (sebutan bilangan 21), yang maknanya kurang lebih "Sing Linuwih le
Tafakur", sedang Tafakur artinya orang yang mendekatkan diri kepada Allah
Swt. Dengan begitu dalam melakukan ibadah puasa Ramadan kita benar-benar khusuk
dan berkualitas, baik dengan memperbanyak sedekah, I'ktikaf di masjid, tadarus
Alquran, dan lain-lain. Semua amalan itu merupakan upaya dalam memeroleh
kemuliaan yang ada dalam Lailatul Qodar, sebab malam kemuliaan tidak dapat
diperoleh kecuali dengan kesiapan rohani yang bersih juga suci.
Tradisi ini sesungguhnya sudah lama muncul seiring
dengan masuknya Islam ke Pulau Jawa, yang dilakukan para Wali Songo dalam
dakwahnya dengan menggunakan pendekatan budaya, yaitu menggunakan budaya Jawa
untuk menyampaikan ajaran-ajaran Islam. Dalam Bauwarna Adat Tata Cara Jawa
karya Bratasiswara menyebutkan, Selikuran merupakan upacara adat peringatan
Nuzulul Quran dalam maleman Sriwedari Surakarta yang digelar setiap tanggal 21
Ramadan. Ritual ini diilhami dari Serat Ambya yang menyebutkan tiap tanggal
gasal (ganjil) dimulai sejak 21 Ramadan Nabi Muhammad SAW turun dari Gunung
Nur, yaitu setelah menerima ayat-ayat suci Alquran (wahyu).
Selikuran dalam perspektif Islam adalah berawal dari
Rasulullah Saw yang beri’tikaf di sepuluh hari terkahir bulan Ramadan, Nabi Saw
bersabda, "carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada sepuluh
hari terakhir bulan Ramadhan” (Bukhari dan Muslim). Dan Imam Syafi’i berkata,
“Menurut pemahamanku, Nabi Saw menjawab sesuai yang ditanyakan, yaitu ketika
ada yang bertanya pada Nabi Saw : “apakah kami mencarinya di malam ini?, beliau
menjawab: “carilah di malam tersebut” (Al-Baghawi dalam Syarhus Sunnah). Dari
sinilah dapat dipastikan bahwa tradisi Selikuran memang terdapat perpaduan
(sinkretisme) nilai-nilai Islam melalui budaya Jawa, sehingga akhirnya tradisi
ini dilestarikan oleh kerajaan Islam pada masa itu, dan tetap bertahan hingga
hari ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar